SEJARAH PERKEMBANGAN MICROSOFT
WORD
MAKALAH
Di ajukan untuk memenuhi salah satu tugas matakuliah
Tekhnik Informasi dan Komunikasi yang dibina oleh
Dosen Pengampu : Rini Marliana, S.T.
Oleh
DWI ASIH NURANI
050113.1013
PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA
2014/2015
KATA PENGANTAR
Pertama-tama marilah kita panjatkan
puji syukur kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga
makalah TIK ini dapat terselesaikan. Makalah ini disusun berdasarkan pengumpulan dari berbagai sumber, dan untuk memehuni tugas Teknologi Informasi dan
Komunikasi.
Dengan ini penulis ucapkan
terimakasih kepada Ibu Rini Marliana,ST. selaku dosen pembimbing mata
kuliah TIK. Penulis mengucapkan terimakasih kepada pihak yang telah
membantu dalam penyelesaian tugas ini. Semoga tugas yang penulis buat
dapat bermanfaat bagi penulis pribadi maupun pihak yang membaca.
Penulis menyadari bahwa tugas ini
sangat jauh dari sempurna, dan masih banyak kelemahan dan kekurangan. Setiap
saran, kritik, dan komentar yang bersifat membangun dari pembaca sangat penulis
harapkan untuk meningkatkan kualitas dan menyempurnakan tugas ini.
Cirebon,
22 Januari 2015
Penulis
DAFTAR ISI
COVER
KATA PENGANTAR……..........................………………....................... i
DAFTAR ISI...................………………………………………….............. ii
BAB I PENDAHULUAN………………………............…………….…..... 1
1.1
Latar
Belakang……………......................................................... 1
1.2
Rumusan
Masalah………….....…...........……………………....... 1
1.3
Tujuan
…………………….………………...........…………........... 1
1.4
Manfaat....................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN........................................................................... 2
2.1 Pengertian Microsoft
Word.......................................................... 2
2.2 Sejarah Perkembangan Microsoft
Word...................................... 2
2.2.1 Sejarah Perkembangan Microsoft Word 95...................... 3
2.2.2 Sejarah Perkembangan Microsoft Word 97...................... 5
2.2.3 Sejarah Perkembangan Microsoft Word 98...................... 5
2.2.4 Sejarah Perkembangan Microsoft Word 2000.................. 6
2.2.5 Sejarah Perkembangan Microsoft Word 2003................... 6
2.2.6 Sejarah Perkembangan Microsoft Word 2007................... 8
2.2.7 Sejarah Perkembangan Microsoft Word 2010................... 14
2.2.8 Sejarah Perkembangan Microsoft Word
2013................... 17
2.3 Cara
Mengaktifkan Microsoft Word............................................... 17
2.4 Mengenal Layar Kerja Microsoft
Word......................................... 17
2.5 Fungsi Microsoft
Word.................................................................. 20
2.5.1 Jenis
Huruf......................................................................... 20
2.5.2 Pembuatan
Numbering...................................................... 20
2.5.3
Pembuatan
Outline............................................................. 20
2.5.4 Pemakaian Break
Section.................................................. 21
2.5.5 Penomoran
Halaman......................................................... 21
2.5.6 Pembuatan Daftar Tabel.................................................... 21
2.5.7 Pembuatan Daftar
Isi......................................................... 21
2.5.8 Editing Dengan Dokumen
Map.......................................... 21
BAB III PENUTUP.......................................................................... 22
3.1 Kesimpulan........................................................................ 22
DAFTAR
PUSTAKA................................................................................. 23
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Pada saat ini kemajuan teknologi, menyebabkan
kebutuhan manusia semakin bertambah, terdapat keterkaitan antara kemajuan
teknogi denganbertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi
lebih mudah untuk dipenuhi.
Secara tidak langsung manfaat dari berkembangnya
teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti
aplikasi microsoft office, aplikasi ini sangat membantu para pekerja kantoran,
mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu bagian dari microsoft
office adalah microsoft word.
1.2
Rumusan Masalah
Dari
latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam makalah yang akan disajikan
dalam makalah ini yaitu :
1. Bagaimana Sejarah Perkembangan Microsoft Word
dari awal perkembangan
hingga sekarang?
2. Seperti apa
tampilan layar dari masing-masing versi ms.word?
1.3
Tujuan
Dalam pembahasan kali ini pemakalah mempunyai tujuan
sebagai berikut:
1. Untuk
mengetahui tentang perkembangan microsoft word.
2. Untuk
mengetahui versi ms.word.
3. Untuk
mengetahui manfaat dari perkembangan
ms.word.
4. Untuk
memenuhi tugas mata kuliah TIK.
1.4
Manfaat
Adanya makalah ini diharapkan dapat
bermanfaat :
1. Bagi pembaca, dapat memahami dan
mengetahui perkembangan microsoft word.
2. Sebagai referensi bagi pembaca
untuk memahami perkembangan microsoft word.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Microsoft Word
Microsoft Word atau Microsoft Oficce Word adalah
perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan microsoft. Pertama
diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xexix, versi-versi lain
kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple
Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi
bagian dari Microsoft Oficce System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Word.
2.2
Sejarah perkembangan Microsoft Word
Microsoft
Word adalah aplikasi sebuah program pengolah kata (word processor) yang dibuat
oleh Microsoft Corporation. Program ini biasanya digunakan para pemakai
komputer untuk kegiatan tulis-menulis. Seperti pembuatan surat, proposal,
artikel, brosur, booklet, dan lain-lain dengan aneka font (huruf) dan layout
yang tersedia. Kita juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus-rumus
matematika, fisika
maupun kimia dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi gambar yang unik dan
sangat lengkap. Selain,
Microsoft Word, ada beberapa jenis word processor yang popular dan sudah
beredar di masyarakat diantaranya : WordStar (WS), WordPerfect (WP), AmiPro,
WordPad, dan lain-lain.Microsoft Word sebagai program pengolah kata memberikan
fasilitas-fasilitas yang lebih familiar dibandingkan dengan pengolah kata
lainnya.
Program
pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk
versi DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnya, Microsoft
Coorporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97,
2000, 2002, 2003, dan
2007.
Pada tahun(1981-1990)Banyak ide dan
konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang
dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles
Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi
juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan
Multi-Tool Word dimulai.
Setelah
diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25
Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh
WordPerfect dan juga WordStar. Word
memiliki konsep “What You See Is What You Get”, atau WYSIWYG, dan merupakan
program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM
PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga
mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain,
seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan
warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya. Word untuk Macintosh, meski memiliki
banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan
sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan
resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang
beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba
untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh.
Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut
mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer.
Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi
dengan Word untuk sistem atau platform lainnya. Versi selanjutnya dari Word for
Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup
banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya
beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih
stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi
salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan
Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis
pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.
Tahun
1990-1995 Pada
rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for
Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan
dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya
terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan
performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft
menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin
pasar pengolah kata. Kini
Microsoft Word sampai pada rilis versi terbaru yaitu Microsoft Word 2007.
Inovasi yang dilahirkan Microsoft dalam pengembangan program maupun grafis
Microsoft Office termasuk MS. Word tentu akan terus berjalan seiring dengan
perkembangan teknologi dan gaya hidup.
2.2.1 Sejarah
Perkembangan Microsoft Word 95
Gb.Ms Word 95
Pada tanggal 30
agustus 1992, Microsoft meluncurkan microsoft Oficce versi 3.0. pada versi
tersebut microsoft word sebagai pengolah kata, microsoft exel sebagai pengolah
angka, microsoft power point digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal
dan microsoft mail digunakan untuk menerima dan mengirim email.
Setelah populer dengan microsoft office 3.0, pada tahun
1995-an Microsoft kembali meluncurkan Microsoft oficce 95 bersamaan waktu itu
Microsoft meluncurkan sistem operasi microsoft windows 95. Pada sistem operasi
ini microsoft merombak total windows versi 3.1 dan windows 3.11 for workgroup,
perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operasi PC saat itu.
Sejalan perkembangan sistem operasi windows, microsoft oficce sendiri terus
berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh
sebagian besar masyarakat komputer didunia termasuk indonesia.
Microsoft office 95atau juga di kenal dengan versi 7.0.
versi ini menggunakan 32 bit agar cocok dengan windows 95 profesional. Yang
versi standar terdiri dari word 7.0 dan exel 7.0, powerpoint 7.0 dan schedule
+7.0. versi profesional terdiri dari semua yang ada di standar ditambah dengan
access 7.0.
2.2.2 Sejarah
Perkembangan Microsoft Word 97
2.2.3 Sejarah
Perkembangan Microsoft Word 98.
Versi ini dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan
dibandingkan versi sebelumnya. Pengenalan terhadap ommand bar, sesuatu hal yang
baru dimana menu dan toolbar dibuat lebih mirip dengan visual design-nya.
Gb.Ms. Word 98
2.2.4 Sejarah
Perkembangan Microsoft Word 2000
Sampai pada tahun 2000-an microsoft telah meluncurkan beberapa versi
microsoft office dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan
aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari microsoft office yang masih
banyak digunakan saat ini antara lain microsoft iffice 2000, microsoft office
XP (2000), dam microsoft office 2007.
2.2.5 Sejarah
Perkembangan Microsoft Word 2003
Gb. Ms. Word
2003
Pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak kemampuan microsoft office
2003 masih belum tersentuh oleh pemakainya.
1) Kelebihan Microsoft Word 2003
a. Berjalan lebih cepat.
b. Installer tidak besar.
c. Lebih optimal untuk mereka yang
hanya menggunakan office secara umum.
d. Microsoft Word 2003 lebih familiar
dan mudah penggunaannya. Karena kita sudah terbiasa menggunakannya.
e. Menyediakan berbagai gaya tulisan
yang akan memperindah tampilan naskah.
f. Pengaturan naskah relatif mudah.
g. Dapat menyisipkan gambar ke dalam
naskah.
h. Defaultnya berformat .doc dimana
pada format ini file dapat dibuka pada Microsoft Word 2007 maupun 2010.
i. Tampilannya lebih bersahabat dan
dapat diatur sesuai selera tempat peletakkannya.
j. Menyimpan file untuk web sedikit
lebih simple dibanding Microsoft 2007.
k. Tab kontekstual dan style gallery
tidak mengganggu.
2) Kekurangan Microsoft Word 2003
a. Fitur web yang dimiliki kurang
lengkap.
b. File yang dihasilkan ukurannya lebih
besar dibanding Microsoft Word 2007.
c. Security tidak sebaik Office 2007.
d. Terlihat kuno.
e. Menu – menunya terkesan berantakan.
f. Side bar (pada startup) mempersempit
lembar kerja.
g. Fasilitas masih kurang lengkap.
h. Tidak terdapat ‘office button’.
i. Loadingnya lebih lama di banding
Microsoft Word 2007 dan 2010.
j. Tidak terdapat ‘smartart’. Smartart
merupakan semacam kumpulan template grafis yang mudah digunakan.
k. Perlu menginstall converter untuk
dapat membuka file format Microsoft Word 2007 dan 2010.
l. Tidak ada ‘quick acces toolbar’
m. ‘Title Bar’ terletak di pojok kiri
atas setelah ikon ‘control menu’.
n. Memiliki 9 menu utama yang terkesan
terlalu banyak memakan tempat.
o. Toolbar ditampilkan secara
horizontal.
p. Tidak dapat mempublish atau
memposting tulisan ke blog.
q. Save as yang dimiliki masih simple, dan
terkesan apa adanya.
r. Template yang disajikan masih
standart.
s. Tampilan sedikit membosankan.
t. Tidak memiliki preview dari setiap
icon tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor pada icon yang
dikehendaki.
Ada
beberapa orang yang beranggapan bahwa office 2007 lebih baik dari yang
sebelumnya. Memang sudah jelas program diperbaharui untuk meningkatan performa
dan kualitas, tapi ada juga yang enggan untuk beralih ke 2007 dan masih setia
di 2003 karena beranggapan office 2007 lebih rumit, karena sudah terbiasa
menggunakan office 2003.
2.2.6 Sejarah
Perkembangan Microsoft Word 2007
Microsoft
Office Word 2007 merupakan sebuah program aplikasi pengolah kata (Word Processor) buatan Microsoft Corporation. MS. Word 2007
merupakan hasil pengembangan dari beberapa versi sebelumnya. MS. Word tampil
lebih user friendly dan sudah
menggunakan ribbon sebagai
standar baru dalam menampilkan menu-menu tool. Berdasarkan klaim mereka, ribbon
adalah sebuah inovasi yang kelak di masa mendatang menjadi sebuah standar bagi
tampilan menu.
Kembali
ke masalah menu icon, MS. Word 2007 mengenal istilah tab, ribbon, dan group
dalam menyajikan menu tool. Berbeda dengan Word 2003 dan sebelumnya yang hampir
100% dikuasai Kaum Bar-Bar (Titlebar, Menu Bar dan Toolbar).
Perbedaan antara Tab, Ribbon
dan Group
·
Tab adalah sederetan menu yang ditandai dengan teks. Tab terdiri dari tab File, Insert, Page Layout, dll.
·
Ribbon
adalah area yang digunakan untuk
menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif.
·
Group adalah kelompok menu dalam tiap Ribbon yang
memiliki kesamaan fungsi.
Jadi, Ribbon menyediakan tab yang terdiri dari menu, dan menu sendiri terdiri
dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki
kesamaan fungsi.
·
Office Button
Secara
umum, Office Button terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area kanan. Area
kiri berisi perintah seperti New, Open,
Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di
area kanan berisi pintasan file dokumen yang baru-baru ini dibuka. Pada bagian bawah flyout ini terdapat
dua tombol perintah, yaitu Word Option
(digunakan untuk melakukan properti terhadap MS Word 2007) dan Exit Word (digunakan untuk menutup
jendela MS Word). Berikut ini adalah contohnya. Keterangan:
Nama Icon
|
Keterangan
|
New
|
digunakan untuk membuat file dokumen kosong baru
|
Open
|
digunakan untuk membuka file dokumen yang tersimpan
|
Save
|
perintah untuk menyimpan file dokumen aktif
|
Save As
|
digunakan untuk menyimpan file dokumen ke dalam format
tertentu
|
Print
|
digunakan untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
|
Prepare
|
digunakan untuk melakukan properti khusus terhadap file
dokumen aktif
|
Send
|
digunakan untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai
email / facsimile
|
Publish
|
perintah untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog
/ dll
|
Close
|
digunakan untuk menutup file dokumen aktif
|
1) Mengenal Fungsi Icon pada Tab Home
Tab Home terdiri dari lima Group
yaitu, Clipboard, Font, Paragraph,
Styles dan editing.
1.
Group
Clipboard
Group
Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
a. Paste : untuk menempelkan hasil copy atau
cut.
b. Cut : untuk memotong teks/objek
terpilih.
c. Copy : untuk menggandakan teks/objek
terpilih.
d. Format Painter : digunakan untuk meniru format
halaman dokumen
ke dalam dokumen lainnya.
Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group
digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.
2.
Group
Font
Menu-menu
di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri
dari :
a.
Font
: untuk memilih jenis huruf
b.
Font
Size : untuk mengatur ukuran huruf
c.
Grow
Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
d.
Shrink
Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
e.
Change
Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
f.
Clear
Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
g.
Bold
: untuk menebalkan teks terpilih
h.
Italic
: untuk memiringkan Teks terpilih
i.
Underline
: untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
j.
Strikethrough
: memberikan tanda coret padateks terpilih
k.
Subscript
: untuk mengetik karakter pemangkatan
l.
Superscript
: untuk mengetik karakter pemangkatan
m.
Text
Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
n.
Text
Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
o.
Font
Color : untuk mengatur warna teks terpilih.
3.
Group
Paragraph
Group
Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk
mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
a.
Bullets
: untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
b.
Numbering
: untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
c.
Decrease
Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
d.
Increase
Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
e.
Left-to-Right
: untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
f.
Right-to-Left
: untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
g.
Sort
: untuk menyortir data
h.
Show
Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraph
i.
Align
Text Left : untuk mengatur teks rata kiri
j.
Center
: untuk mengatur teks rata tengah
k.
Align
Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
l.
Justify
: untuk mengatur teks rata kanan-kiri
m.
Line
Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks
n.
Shading
: untuk mengatur warna latar teks terpilih
o.
Border
: untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.
4.
Group
Styles
Group
Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
a.
Heading
Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
b.
Change
Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraph
5.
Group
Editing
Secara
umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
a.
Find
: untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
b.
Replace
: untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk d
2)
Kelebihan Microsoft Word 2007
a.
Fasilitas
lebih lengkap dari versi sebelumnya.
b.
Pada
tampilan menu ‘INSERT’, menu picture, clipart, dll dilengkapi dengan
gambar-gambar dengan ukuran yang sedikit besar dan berwarna yang membuat
tampilannya kelihatan lebih menarik.
c.
Terdapat
menu ‘REFERENCES’ yang sebelumnya tidak terdapat pada Microsoft Word 2003. Pada
menu ini terdapat cara untuk memudahkan membuat daftar pustaka, daftar isi atau
sebagainya.
d.
Terdapat
‘Office Button’ atau tombol bulat di pojok kiri atas yang sebagian besar
gunanya untuk menggantikan fungsi menu file.
e.
Loading
lebih cepat dari versi sebelumnya.
f.
Ukuran
file yang dihasilkan lebih kecil.
g.
Gaya
tulisan yang lebih banyak dan terbaru.
h.
Pengaturan
naskah lebih mudah jika sudah menguasainya.
i.
Dapat
membaca semua file dari semua versi office yang ada.
j.
Terdapat
smartart. Yaitu sekumpulan template grafis yang mudah digunakan.
k.
Terdapat
‘quick acces toolbar’.
l.
Saat
menu utama di klik langsung muncul ikon – ikon yang disebut dengan ribbon.
m.
Dapat
menyisipkan gambar ke dalam naskah.
n.
Title
Bar terletak tepat di bagian tengah atas.
o.
Mempunyai
7 menu utama yang terkesan lebih simple dari versi sebelumnya.
p.
Toolbar
ditampilkan secara vertical sehingga tidak mengganggu lembar kerja.
q.
Dapat
mempublish atau memposting tulisan ke blog.
r.
Sudah
mulai ada perkembangan untuk ‘Save as’. Kita dapat menyimpan file dengan default
yang kita hendaki yakni Word document, Word template, Word 97-2003 document.
s.
Template
yang digunakan sudah mulai beragam.
t.
Tampilan
lebih menarik.
u.
Memiliki
preview dari setiap ikon tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan
kursor pada ikon yang kita kehendaki.
v.
Terdapat
fasilitas untuk menggunakan ‘equation’ untuk menulis rumus.
w.
Multi
dukungan untuk .NET, Web (kompatibilitas lebih bagus).
x.
Desain
baru yang lebih mengutamakan kemudahan penggunaan.
y.
Office
2007 dilengkapi dengan tambahan-tambahan fitur dan fungsi yang lebih dari
offiice 2003 seperti efek grafik, efek gambar (yang memungkin kita tidak perlu
menggunakan software gambar lain untuk mengedit foto).
z.
Dilengkapi
tool dasar untuk desktop publishing.
3)
Kekurangan Microsoft Word 2007
a. Perubahan design yang drastis
sehingga mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi dan membutuhkan
waktu hingga terbiasa.
b. Relatif berat, terutama di mesin
yang pas-pasan.
c. Banyak fitur yang mubazir, apalagi
kalau kita menggunakannya untuk sekedar menulis surat.
d. Installer yang lebih besar.
e. Spesifikasi yang dicapai lebih
berat, yaitu processor sebesar 500 MHz (kecepatannya), RAM sebesar 256 MB
(disarankan 512 MB), VGA 64 MB (agar pemrosesan gambar lebih cepat), HDD yang
disediakan minimal 600 MB (disarankan 1 GB).
f. Minimal OS Windows XP dengan SP2.
g. Sedikit lebih sulit bagi orang –
orang yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word 2003.
h. File yang dihasilkan defaultnya
berformat .docx dimana pada format ini tidak dapat dieksekusi atau dibaca oleh
Microsoft Word 2003.
i. Menyimpan file untuk web terasa
lebih kompleks dibanding pada edisi sebelumnya.
j. Tab konstektual dan style gellery
agak mengganggu.
k. Karena merupakan versi baru sehingga
membutuhkan penyesuaian penggunaan sistem dari user.
Dibandingkan dengan Microsoft Word 2007,
versi 2010 ini tidak jauh berbeda dari segi penampilan dan fitur – fiturnya.
Yang pasti bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word 2007
sudah tidak akan canggung lagi mengoperasikan Microsoft Word 2010 ini. Tampilan
yang lebih simple membuat mata semakin nyaman. Namun adapun kekurangan dan
kelebihan dari Microsoft Word 2010. Berikut kelebihan dan kekurangannya.
Gb. Microsoft
Word 2007.
2.2.7 Sejarah
Perkembangan Microsoft Word 2010
Gb. Ms. Word 2010
Kelebihan
Microsoft Word 2010
a. Fasilitas di dalamnya sangat lengkap
karena sekarang ini Microsoft Word 2010 lah yang versinya paling tinggi pada
saat ini.
b. Saat pertama kali dijalankan
Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan 2 detik untuk masuk ke lembar kerja.
Sedangkan untuk penggunaan ke-2 dan seterusnya, Microsoft Office 2010 hanya
membutuhkan sepersekian detik untuk load ke lembar kerja.
c. Ukuran file yang dihasilkan lebih
kecil dibandingkan versi sebelumnya.
d. Gaya tulisan yang semakin bervariasi
dan juga tetap ada gaya tulisan dari Office 2007.
e. Pengaturan naskah lebih mudah jika
sudah menguasai Office 2007.
f. Dapat membaca semua file dari semua
versi office yang ada. Bahkan dapat membuka file format PDF, XPS (portable
online), ODT (OpenOffice) secara langsung.
g. Office 2010 memberikan SmartArt dan
Template baru plus koleksi sebelumnya dari Office 2007.
h. Terdapat ‘quick acces toolbar’.
i. Untuk MS Word 2010, saat menu utama
diklik langsung muncul ikon-ikon yang disebut dengan ribbon, seperti untuk
Microsoft Word 2007.
j. Dapat menyisipkan gambar kedalam
naskah.
k. Title Bar terletak tepat di bagian
tengah atas, layaknya Microsoft Word 2007.
l. Terdapat 7 menu utama layaknya
Microsoft Word 2007.
m. Toolbar ditampilkan secara vertikal
sehingga tidak mengganggu lembar kerja.
n. Dapat mempublish atau memposting
tulisan ke blog.
o. Save as lebih variatif. Kejutan baru
yang ditawarkan oleh Office 2010 adalah fungsi menyimpan dokumen menjadi format
PDF, XPS (portable online), ODT (OpenOffice) secara langsung. Format PDF dan
XPS awalnya hanya dapat difungsikan dengan add-ons pada Office 2007. Sedangkan
ODT merupakan format atau ekstensi dokumen pada OpenOffice, ini bukti
universalitas dan support Microsoft Office, bahkan terhadap open source.
p. Template baru dan tambahan dari
Microsoft Word 2007.
q. Menyimpan file untuk web terasa
lebih mudah dibanding pada edisi yang sebelum-sebelumnya.
r. Memiliki preview dari setiap ikon
tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor di ikon tersebut.
s. Terdapat ‘equation’ untuk menulis
rumus.
t. Saat masuk ke lembar kerja kita
tidak akan lagi menemukan ‘Office Button’, image berlogo Windows layaknya
jantung pada Office 2007. Fungsi ini telah digantikan dengan menu File, dengan
tampilan penuh (full-window) bahkan fitur dan fungsi didalamnya jauh lebih
beragam.
u. Fungsi print preview dan print telah
terintegrasi dengan full-window pada menu File.
v. Pada Microsoft Office 2010 meniru
fitur thumbnail atau preview layaknya Adobe Reader untuk file PDF. Dengan
begitu kita dapat mengintip tampilan atau isi file dokumen (.DOCX) tanpa harus
membukanya terlebih dahulu.
w. Loading lebih cepat dan lebih
ringan.
Kekurangan
Microsoft Word 2010
a. Lebih sulit karena programnya lebih
tinggi lagi dari Microsoft Word 2007 sehingga lebih sulit digunakan apalagi
yang sudah terbiasa dengan versi sebelumnya.
b. Desain yang cukup sulit dan belum
familiar bagi masyarakat.
c. Tidak terdapat ‘Office Button’.
d. Pengguna Microsoft Word versi
sebelumnya (2000 dan 2003) perlu menginstal converter untuk dapat membuka file
Office 2010.
e. Tab kontekstual dan style gellery
agak mengganggu.
2.2.8 Sejarah
Perkembangan Microsoft Word 2013
2.3 Cara
Mengaktifkan Microsoft Word
Kita
dapat memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word dengan
menggunakan langkah berikut :
a) Pilih dan Klik tombol Start
b) Pilih menu program
c) Kemudian, pilih dan klik program
Microsoft Word
d) Tunggu sampai jendela program
aplikasi Word ditampilkan
Atau
kita juga bisa mengklik mouse kiri sebanyak 2 x shortcut microsoft word pada desktop
2.4 Mengenal
Layar Kerja Microsoft Word
a. Ikon
Kontrol Menu (Control Menu Ikon)
Digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif.
Letaknya dipojok kiri paling atas sebelah baris judul.
b. Baris
Judul (Title Bar)
Adalah informasi berisi nama file dan nama program yang
aktif atau sedang dikerjakan dalam Microsoft Word
c. Tombol
Ukuran (Sizzing Button)
Digunakan untuk menentukan besar tampilan layar jendela
word. Letaknya disebelah ujung kanan pada baris judul. Macam-macam tombol
ukuran :
1. Minimize Button : Untuk memperkecil
ukuran jendela word
2. Maximize Button : Untuk memperbesar
ukuran jendela word
3. Restore Button : Untuk mengembalikan
jendela ke ukuran semula
4. Close/Exit Button : Untuk menutup
jendela dan mengakhiri program word
d. Baris
Toolbar (Tool bar)
Adalah kumpulan perintah dalam bentuk ikon-ikon yang berisi
tool atau alat untuk mempermudah menyelesaikan dokumen. Fungsi utama Toolbar
adalah mempercepat akses kesejumlah perintah yang sering dipakai. Untuk
menggunakan Toolbar, klik salah satu icon yang mewakili perintah yang kita
inginkan. Bila ikon tampak tertekan ke dalam, berarti ia sedang diaktifkan.
Untuk menonaktifkannya, kita tinggal menekan ikon tersebut sekali lagi. Secara
default, toolbar di Ms. Word ada dua yaitu Toolbar Standar dan Formating.
1. Toolbar Standar
Berisikan beberapa ikon untuk
mengerjakan operasi standar, seperti menyimpan, membuka, mencetak dokumen, dan
sebagainya. Biasanya, akan lebih cepat dengan mengklik sebuah tombol pada
toolbar dari pada memilih perintah pada suatu menu. Toolbar Standar dapat
ditampilkan atau disembunyikan dengan mengklik View > Toolbar > Standar.
2. Toolbar Formating
Berisikan ikon untuk mem-format
obyek-obyek pada dokumen. Obyek tersebut bisa berupa gambar, tabel, atau text
dan sebagainya. Toolbar formatting bisa juga digunakan untuk memilih berbagai
jenis huruf dan ukurannya. Toolbar formatting dapat ditampilkan atau disembunyikan
dengan memilih View Toolbar Formating.
e. Rulers
Adalah mistar tabulasi yang terdapat pada bagian atas atau
samping kiri dokumen. Mistar atau ruler ini berguna sebagai indikator lebar dan
tinggi halaman dokumen berikut margin-nya. Untuk` Ruler horizontal, berfungsi
juga sebagai alat pengaturan tabulasi dan indentasi. Ruler ini bisa ditampilkan
dan juga bisa dihilangkan. Caranya, Klik View + Ruler.
f. Area
Pengetikan
Adalah tempat kita untuk mengetik atu mambuat dokumen. Kita dapat
memulai mengetik teks pada posisi keberadaan kursor, dan setelah itu kursor
secara otomatis bergerak ke arah kanan dengan jarak satu karakter
g. Kursor
Berbentuk garis vertikal yang berkedip-kedip. Setiap
karakter yang kita ketik akan muncul pada posisi kursor ini.
Panah atas : Memindahkan satu baris ke atas
Panah bawah :
Memindahkan satu baris ke bawah
Panah kiri :
Memindahkan satu karakter ke
kiri
Panah kanan : Memindahkan satu karakter ke
Panah kanan : Memindahkan satu karakter ke
Kanan
Home : Memindahkan ke awal baris
Pengetikan
End : Memindahkan ke akhir baris
Pengetikan
Ctrl+Home : Memindahkan ke awal dokumen
Ctrl+End : Memindahkan ke akhir dokumen
Ctrl+panah atas : Memindahkan ke awal paragraf
Ctrl+End : Memindahkan ke akhir dokumen
Ctrl+panah atas : Memindahkan ke awal paragraf
sebelumnya
Ctrl+panah bawah : Memindahkan ke awal paragraf
Ctrl+panah bawah : Memindahkan ke awal paragraf
selanjutnya
Ctrl+panah kiri : Memindahkan ke awal kata
Ctrl+panah kiri : Memindahkan ke awal kata
sebelumnya
Ctrl+panah kanan : Memindahkan ke awal kata berikutny
Ctrl+panah kanan : Memindahkan ke awal kata berikutny
h. Task Pane
Merupakan jendela yang ditampilkan di sebelah kanan
dokumen dan membantu ketika mengedit dokumen.Jendela task pane akan ditampilann
secara otomatisn sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakukan.
i. Scroll Bar
Adalah papan navigasi untu menggulung layar dokumen, baik
secara vertikal maupun horizontal. Bisa juga menggeser lembar dokumen ke kekiri
atau ke kanan . Scroll bar yang digunakan untuk menggulung secara vertikal
dikenal dengan nama Vertical Scroll bar dan untuk menggeser ke kiri atau ke
kanan, disebut Horizontal Scrool bar. Cara menampilkan atau menyembunyikan
Scrool Bar, Klik Tools Option,
View, Beri tanda centang pada Horizontal
Scroll bar ataupun Vertical Scroll bar.
j. Office
Assistant
Merupakan ikon untuk menampilkan menu batuan (help) dari
suatu program aplikasi. Biasanya ditampilkan dalam bentuk gambar animasi yang menarik. Untuk mengubah tampilan Office
Asistant, ikuti langkah-langkah berikut :
1. Posisikan pointer mouse pada gambar
office asisten, lalu kili kanan 1x.
2. Pada kotak percakapan office
asisten, pilih dan klik tombol option.
3. Muncul tampilan kotak dialog office
asisten.
4. Klik tab Gallery
5. Untuk memilih bentuk tampilan Office
Assisant, klik tombol perintah Next atau back
6. Klik OK jika tampilan sudah sesuai
dengan keinginan kita
k. Tampilan
Pilihan Layar (Tombol View)
Digunakan untuk mengubah tampilan jendela dokumen dengan
cepat (Normal, Web Layout, Print Layout, Outline, atau Reading).
l. Status Bar
Adalah baris informasi pada posisi paling bawah dokumen.
Status bar ini memberikan informasi mengenai jumlah halaman, halaman yang aktif
dan sebagainya.
2.5 Fungsi
Microsoft Word
Sebagaimana
yang kita ketahui, MS WORD di pergunakan untuk membantu pembuatan
dokumen berupa
laporan ataupun makalah. Namun, ada kalanya kita lupa memanfaatkan
berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD, padahal dengan memanfaatkan
fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena
itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya
pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD
2.5.1 Jenis huruf:
Agar
dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah
“font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu
Home+ Font)
2.5.2 Pembuatan Numbering:
Biasanya,
pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan
dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu,
harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan
peraturan pembuatan suatu dokumen.
2.5.3 Pembuatan Outline:
Biasakan
bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views +
Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang
akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal
sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level
2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change
List Level)
2.5.4 Pemakaian Break Section:
Biasanya
dalam suatu dokumen terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap
section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata
Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i,
ii, iii,…” , Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk
setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page
Layout +Break +Next Page).
2.5.5 Penomoran Halaman:
Seperti
yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan
fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang
dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering +
start at … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page)
khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu
header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit
header/footer + Design + pilih different first page)
2.5.6 Pembuatan Daftar Tabel:
Tabel/Gambar/Bagan
yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor
gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang
diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk
pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table
of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada
perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik
kanan pilih update field.
2.5.7 Pembuatan Daftar Isi:
Pembuatan
daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of
contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di
update (sama seperti update daftar tabel)
2.5.8 Editing dengan Document Map:
Agar
editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan
fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini,
perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat).
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Di era
globalisasi ini sangat di perlukan khususnya bagi pelajar untuk menguasai ilmu
computer seperti microsoft word. Microsoft word sebagai salah satu ilmu
computer yang paling banyak dioperasikan di seluruh dunia.
3.2 Saran
Demikianlah
makalah yang kami buat, dengan bekal pengetahuan dasar tentang hal-hal yang
kami sampaikan, diharapkan pembaca dapat mengerti secara intens pada pembahasan
yang dibicarakan. Namun kami sebagai penyusun makalah ini menyadari masih
banyak kekurangan dalam makalah ini, maka kami harapkan kritik dan sarannya
yang bersifat membangun dari pembaca guna untuk perbaikan makalah yang akan
datang. Kami juga berharap semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi pembaca.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar